PELAJAR ACEH SIAP BERLAGA DI ANUGRAH KIHAJAR TINGKAT NASIONAL

Penulis : Admin | Tanggal : 04 Sep 2018

BANDA ACEH-Kendati telah meraih prestasi ditingkat provinsi Aceh, tiga jagoan jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK dari provinsi Aceh, dipastikan siap untuk berlaga dalam anugrah “Kita Harus Belajar” (Kihajar) 2014 yang berlangsung November mendatang di Jakarta.   

 

“Mereka (pelajar-red) merupakan peserta yang berprestasi dalam anugrah Kihajar tingkat provinsi Aceh. Seperti biasanya, kita mengambil tiga orang juara I untuk mewakili provinsi Aceh ditingkat nasional di Jakarta,” ujar Kepala Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Zulkarnaini, yang juga ketua panitia anugrah Kihajar Aceh 2014, Jum’at, 17/10, di Banda Aceh.

 

Didampingi Kasi Pengembangan Aplikasi TIK Balai Tekkomdik Aceh, Zulkarnaini, mengatakan, menghadapi era globalisasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja.

 

“Salah satu tujuannya yaitu untuk mendorong dan meningkatkan minat dan kebiasaan belajar siiswa-siswi di sekolah,” ujarnya menjelaskan.

 

Ia menyebutkan, tahunn ini respon dari siswa-siswi jenjang SMP, SMA dan SMK, mengalami peningkatan yaitu mencapai 553 peserta. Para peserta itu juga menjadi nominasi Kuis Kiahajar online.

 

“Serta pelajar yang masuk tiga besar lomba Kihajar Kemendikbud yang sebelumnya sudah berlangsung secara online sejak februari lalu,” katanya menyebutkan.

 

Selain itu, kata Zulkarnaini, panitia juga menggelar lomba web sekolah untuk jenjang SMA sederajat se provinsi Aceh. Kegiatan tersebut, menurut dia sudah berlangsung sejak 18 Agustus hingga 10 Oktober lalu.

 

“Untuk lomba ini dimenangkan oleh empat sekolah yaitu 2 sekolah dari Kota Banda Aceh, Aceh Tamiang dan Kota Subulussalam, masing-masing satu sekolah,” katanya menyebutkan.

 

Selanjutnya, sambung dia, lomba pengembangan bahan ajar jenjang SMP, SMA dan SMK sederajat se Provinsi Aceh, yang berlangsung sejak 18 Agustus hingga 10 Oktober lalu. Lomba tersebut dimenangkan lima guru yang berasal dari Kota Banda Aceh dan sisanya dari Kabupaten/Kota lainnya.

 

“Selain itu, Pustekkom Kemendikbud bekerjasama dengan Balai Tekkomdik Aceh juga melaksanakan sosialisasi fasilitasi pemamfaatan TIK kepada 100 peserta dari kalangan guru dan kepala sekolah dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” sambung Zulkarnaini.

 

Ia merincikan, dalam lomba kuis Kihajar tingkat provinsi, Kota Banda Aceh berhasil meraih juara umum yang dipusatkan di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh. Para sang juara umum kuis Kihajar jenjang SD/MI meliputi,  Durratul Mardiah (SD Negeri 1 Banda Aceh), Syavina Maura Zahrani, Raisha Adina Maharani,  dan Dylan Edward Williams (ketiganya siswa SD Fatih Bilingual Scholl Banda Aceh).

 

Selanjutnya, untuk jenjang SMP/MTs, juara I - IV masing-masing direbut Raiyan Ananda Lubis (SMP Negeri Unggul Sigli), Qatrunnada (SMPN 6), Indah Permata Sari (SMPN 1), dan M. Islamey Evan Adha (SMPN 3) ketiganya dari Banda Aceh.

 

Sedangkan juara 1, 2, 3, dan 4 jenjang SMA masing-masing dimenangkan Wyona Allysha (Banda Aceh), Vega Yuana (SMAN 10 Fajar Harapan), Agung Munandar (SMA Insan Madani- Aceh Selatan), dan Linda Fahira (SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya-Aceh Besar). (Redaktur)